Contact to us

Les Privat

Les Privat

Les PrivatTerdapat beberapa jenis sistem pendidikan yaitu formal, informal maupun nonformal. Ketiga sistem tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Dalam hal ini les privat dianggap sebagai pelengkap dari sistem pembelajaran yang didapat dari sekolah.

Kini les privat yang ditawarkan oleh lembaga les privat baik itu secara online maupun offline telah memenuhi seluruh jenjang studi dengan masing-masing program paketnya, yaitu:

Les privat SD : Program ini khususnya diperuntukkan bagi para siswa yang sedang menempuh studi di Sekolah Dasar. Biasanya guru yang yang mengajar di program studi ini menguasai seluruh mata pelajaran dan diperlukan pengajar yang tekun dan sabar dalam mengajarkan program privat dalam jenjang studi ini, karena SD merupakan jenjang pendidikan yang pertama maka pembentukan karakter belajar siswa biasanya ditentukan dalam jenjang ini.

Les Privat SMP : Tahapan selanjutnya dari Sekolah Dasar, yaitu Sekolah Menengah Pertama. Dalam jenjang pendidikan ini siswa dianggap sudah mulai bisa menerima materi yang lebih lagi. Pembelajaran menjadi lebih sulit daripada jenjang sebelumnya.

Les Privat SMA : Selanjutnya, Sekolah Menengah Atas dimana mata pelajaran mulai terkonsentrasi antara program studi IPA dan IPS. Siswa dianggap sangat memerlukan pendampingan pengajar dalam belajar karena pelajaran yang diajarkan dalam jenjang pendidikan ini dianggap sulit dan diperlukan pengulangan yang lebih lagi.

Les Privat Bahasa Inggris : Masuk ke kategori umum, bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional dianggap perlu untuk diajarkan untuk semua jenjang pendidikan. Bahkan les ini juga diajarkan untuk kelas karyawan yang juga ingin meningkatkan kompetensinya.

Les Privat Matematika : Matematika dianggap sebagai salah satu pelajaran yang sulit untuk dimengerti atau dipahami oleh beberapa siswa. Banyak siswa yang memerlukan ekstra jam belajar untuk dapat mengerti pelajaran ini. Sehingga banyak orang tua yang mencarikan pengajar untuk dapat mengajar anaknya sehingga bisa melewati pelajaran ini.

Les Privat SNMPTN : Ada juga program les yang dibuat secara intensif untuk persiapan dan pemantapan dalam mengikuti SNMPTN, USM, Ujian Masuk Perguruan tinggi, dan sejenisnya.

Les Mengaji : Kebutuhan anak akan ilmu pengetahuan tentunya perlu diseimbangkan dengan pengetahuan agamanya, hal ini yang menjadi dasar bahwa mengaji menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kini ada juga program yang mengajarkan anak untuk belajar mengaji dan mendatangkan guru mengaji yang handal langsung kerumah anda.

Setelah mengetahui berbagai program studi yang diajarkan untuk seluruh jenjang pendidikan, banyak orang yang mempertanyakan apa perbedaan antara les privat dengan bimbingan belajar. Berikut dijabarkan perbedaan mendasar antara les privat dengan bimbingan belajar, antara lain:

Guru privat yang mengajar tidak lebih dari 5 orang dalam satu kali mengajar dianggap membuat program belajar mengajar menjadi lebih intensif dan memudahkan siswa dalam menyerap pelajaran yang diberikan.

Guru les privat ke rumah berbeda dengan lembaga bimbingan belajar lain yang mengharuskan siswa datang ke tempat bimbel, pilihan program les privat memudahkan siswa dengan tidak perlu menempuh perjalanan yang jauh dan sebagai gantinya maka guru privat yang akan datang ke rumah siswa untuk memberikan pelajaran.

Biaya les privat ke rumah dikarenakan perlu biaya transportasi bagi pengajar yang datang ke rumah siswa, dan jumlah siswa yang diajarkan lebih sedikit atau intensif maka biaya les privat dianggap lebih mahal dibandingkan bimbingan belajar pada umumnya.

Kini pilihan dalam menjalani les privat atau bimbel ditempat belajar menjadi pilihan masing-masing orang tua. Hal tersebut tentunya akan menjadi pertimbangan tersendiri dengan berbagai manfaat, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *