Contact to us

Tips meningkatkan motivasi belajar anak (untuk orang tua)

Tips meningkatkan motivasi belajar anak (untuk orang tua)

Pada dasarnya semua anak terlahir pintar. Yang membedakan hanyalah tingkat kemauan belajar anak tersebut seiring dengan pertumbuhannya. Oleh karena itu terlihat ada anak yang lebih pintar daripada anak lainnya.

Prestasi yang dimiliki oleh seorang anak tentunya tidak datang dengan sendirinya. Diperlukan usaha dan kerja keras supaya dia dapat mencapai suatu prestasi tertentu, dan yang paling berpengaruh adalah kemauan belajar anak itu sendiri.

Dewasa ini, banyak orang tua yang mengeluhkan bahwa sulit sekali untuk menyuruh anaknya belajar. Anak selalu memiliki berbagai macam alasan sehingga membuat orang tua menjadi geleng kepala.

Oleh karena itu, kami disini akan berbagi sedikit informasi mengenai berbagai tips supaya anak anda menjadi seorang yang lebih rajin belajar. Mari kita cek tipsnya,

  1. Sering berbicara dan sharing dengan anak.
    Berbicara dan sharing merupakan hal yang paling dasar yang diperlukan guna melihat pertumbuhan anak. Semakin banyak orang tua sharing dengan anaknya maka akan membuat kedekatan tersediri sehingga anak akan menjadi malu apabila mengecewakan orang tuanya.
  2. Berikan penghargaan setiap kali dia mencapai suatu hal.
    Janjikan dia dengan suatu hadiah tertentu yang dia suka apabila dia juara di kelas, dan lihatlah hasilnya! Dia akan berusaha sangat keras untuk mendapatkan hadiah tersebut.
  3. Ceritakan kisah orang sukses yang memulai semua dari nol.
    Kisah-kisah inspiratif tentunya akan membuat anak menjadi kagum terhadap sosok yang diceritakan, kemudian kekagumannya menjadi sikap meniru atas apa yang telah dilakukan orang tersebut. Buat dia kagum terhadap orang-orang sukses dan besar, dan katakan padanya bahwa suatu saat dia bisa menjadi seperti itu.
  4. Selalu dampingi dia.
    Periode jatuh bangun merupakan hal yang wajar. Anak terkadang mendapat nilai baik, dan terkadang mendapat nilai buruk. Selalu dampingi dia di setiap periode. Puji dia dan berikan hadiah apabila dia mendapat nilai baik, dan jangan marahi dia bila mendapat nilai kurang baik. Sebaliknya, berikan dia motivasi ketika nilai matematikanya kurang, katakan padanya untuk lebih semangat belajar lagi dan dia pasti bisa mendapatkan nilai yang lebih baik lagi.
  5. Tempatkan dia di lingkungan yang baik.
    Tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan merupakan faktor yang memilik pengaruh sangat besar dalam perkembangan anak. Tempatkan dia bersama teman-teman yang baik dan rajin, tentunya dia akan menjadi lebih rajin. Oleh karena itu pantau selalu dengan siapa dia berteman dan jadilah teman yang paling baik untuknya.
  6. Berikan pengajar yang bisa memotivasi dia.
    Guru merupakan sosok yang bisa menjadi motivator bagi anak atau sebaliknya. Guru yang baik adalah guru yang dekat dengan anak dan bisa menjadi inspiratif bagi anak itu sendiri.
  7. Pilih tempat belajar dan guru yang dapat memberikan cara cepat dalam belajar.
    Apabila ada cara cepat dan sederhana dalam belajar tentunya itu akan menjadi sangat menyenangkan. Kini telah banyak rumus-rumus cepat, tips dan trik yang dapat memudahkan anak dalam belajar. Pastikan anak anda mendapatkannya.

Sekian tips dari kami, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *